frontera  Inicio French frontera  Francés German frontera  Alemania Spain frontera  España Italian frontera  Italiano Dutch frontera  holandesa Russian frontera  Ruso Portuguese frontera  Portugués Japanese frontera  Japonés Korean frontera  Corea Arabic frontera  árabe Chinese Simplified frontera  chino simplificado

Senin, 08 November 2010

Novell Netware

NetWare adalah sebuah sistem operasi jaringan yang dikembangkan oleh Novell, Inc koperasi ini mulanya digunakan multitasking untuk menjalankan berbagai layanan pada sebuah komputer pribadi, dan protokol jaringan didasarkan pada pola dasar Sistem Network Xerox stack.

NetWare telah digantikan oleh Open Enterprise Server (OES). Versi terbaru NetWare adalah v6.5 Dukungan Paket 8, yang identik dengan OES 2 SP1, NetWare Kernel.

NetWare berkembang dari konsep yang sangat sederhana: file sharing bukan disk berbagi. Pada tahun 1983 ketika versi pertama NetWare yang dirancang, semua produk yang bersaing lainnya didasarkan pada konsep berbagi langsung menyediakan akses disk. Pendekatan alternatif Novell disahkan oleh IBM pada tahun 1984 dan membantu mempromosikan produk mereka.

Dengan Novell NetWare, ruang disk ini dibagi dalam bentuk volume NetWare, sebanding dengan volume DOS. Klien menggunakan MS-DOS akan menjalankan mengakhiri khusus dan tinggal penduduk (TSR) program yang memungkinkan mereka untuk memetakan huruf drive lokal ke volume NetWare. Klien harus log in ke server agar dapat diizinkan untuk peta volume, dan akses dapat dibatasi sesuai dengan nama login. Demikian pula, mereka dapat menyambung ke printer yang dibagi pada server, dan mencetak seolah-olah printer terhubung secara lokal.

Pada akhir 1990-an, dengan konektivitas internet booming, Internet TCP / IP protokol menjadi dominan pada LAN. Novell telah memperkenalkan terbatas TCP / IP dukungan dalam NetWare v3.x (circa 1992) dan v4.x (circa 1995), terdiri terutama dari layanan FTP dan UNIX-style LPR / LPD percetakan (tersedia dalam NetWare v3.x), dan Novell-webserver yang dikembangkan (dalam NetWare v4.x). Native TCP / IP dukungan untuk file klien dan layanan cetak biasanya terkait dengan NetWare diperkenalkan di NetWare v5.0 (dirilis tahun 1998).

Selama awal-ke-pertengahan 1980-an Microsoft memperkenalkan sistem LAN mereka sendiri dalam LAN Manager didasarkan pada protokol NBF yang bersaing. Upaya awal untuk otot dalam pada NetWare tidak berhasil, tetapi ini berubah dengan masuknya dukungan jaringan diperbaiki pada Windows for Workgroups, dan kemudian sangat sukses Windows NT dan Windows 95. NT, khususnya, jasa yang ditawarkan mirip dengan yang ditawarkan oleh NetWare, tetapi pada sistem yang juga bisa digunakan pada desktop, dan terhubung langsung ke desktop Windows lainnya NBF sekarang di mana hampir universal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar